Jumat, 09 Juli 2010

Bank Syariah Mendunia

Saat ini bank syariah menjadi sebuah fenomena di dunia perbankan internasional. Karena, semenjak terjadi krisis global yang menghancurkan sektor financial hampir di seluruh dunia, semua negara mulai melirik sistem ekonomi syariah sebagai jalan keluar. Mendapati bukti bahwa kondisi perekonomian negara yang menganut sistem ekonomi syariah tidak terlalu terkena imbas dari krisis global tersebut. Yang semakin menarik adalah, sekarang pusat perkembangan syariah dunia, bukanlah di Timur Tengah, tapi Inggris. Negara yang minoritas islam saja mampu menerapkan sistem perekonomian syariah dengan baik. Aset perbankan syariah di Inggris mencapai 18 miliar AS Dollar, melebihi aset bank syariah di Pakistan, Bangladesh, Turki, dan Mesir. Terdapat 55 perguruan tinggi terkenal di Inggris memiliki jurusan keuangan syariah. Pelatihan dan pengembangan sumber dayanya pun sangat baik. Bank syariah di Inggris mampu berkembang dengan baik, karena adanya kerjasama antara pemerintah dan sektor keuangan syariah. Kerjasama yang baik inilah yang mampu membuat perkembangan sektor keuangan syariah mampu berkembang pesat.

Sebaiknya di Indonesia, perkembangan perbankan syariah mampu menyaingi Inggris, apalagi negara Indonesia memiliki potensi pembiayaan yang sangat baik. Iklim investasi dari luar negeri juga sangat baik, sehingga mampu meningkatkan kondisi perekonomian kita. Sesungguhnya, bank syariah sendiri memberlakukan akad tabarru dan tijarah, sehingga jika bank syariah berkembang pesat di Indonesia, maka kesenjangan sosial akan berkurang, karena dengan adanya bank syariah juga, dapat merupakan lembaga yang menjadi penghimpun dan penyalur ZIS. Keberadaan bank syariah di Indonesia baru berkembang pesat semenjak terjadi krisis global, yang menyebabkan keruntuhan sektor finansial konvensional. Ini adalah bukti bahwa bank syariah adalah sektor finansial yang kebal terhadap krisis ekonomi. Di Indonesia sendiri, dukungan pemerintah agar meningkatkan investasi dengan berbasis syariah masih kurang dicanangkan, sosialisasi kepada masyarakat juga adalah faktor yang sangat penting sekali. Kerjasama antar semua pihak dalam mengembangkan perbankan syariah sangat dibutuhkan.

Seharusnya juga, mulai dibuka pendidikan perguruan tinggi jurusan keuangan syariah, sebagai bukti keseriusan negara Indonesia mengembangkan sistem ekonomi syariah dan mengembangkan perbankan syariah. Memang benar, bahwa sumber daya dari jurusan perbankan pada umumnya mampu. Tetapi, keuangan syariah tidak hanya berbicara perbankan secara umum, dalam syariah dikenal akuntansi syariah, dikenal ekonomi mikro dan makro syariah, selain itu juga ada fiqh yang membicarakan akad-akad muamalah yang seringkali dilakukan di bank syariah. Hal ini perlu disiapkan untuk menciptakan SDM yang mampu di bidang syariah dalam hal teori atau praktek. Kesiapan dalam menghadapi tenaga kerja asing yang ingin bekerja di bank syariah di Indonesia perlu ditingkatkan dengan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas dan ahli di bidangnya. Maka, perlu adanya peningkatan mutu dan kualitas SDM dalam negeri yang bergerak di bidang keuangan pada umumnya dan perbankan syariah pada khususnya.

Berkembangnya bank syariah di Indonesia juga mampu menghidupkan sektor pekerjaan informal, seperti membantu menyalurkan pembiayaan pada para petani, peternak dan para pedagang menengah ke bawah. Sehingga mereka memiliki kesempatan mengembangkan usahanya dan bertahan dalam guncangan krisis global. Bertahannya kondisi perekonomian Inggris dan stabilnya mata uang pound adalah bukti bahwa syariah mampu memberikan keadaan yang terbaik.

Di Indonesia sendiri perkembangannya memang sudah sangat baik, tetapi pemerataan pembiayaan belum sepenuhnya rata ke seluruh sektor riil, dengan mengadakan pembiayaan bank syariah bagi para petani, peternak, nelayan dan pedagang adalah sebuah bantuan yang nyata, agar mereka mampu menghasilkan output yang setara dengan produk luar negeri yang masuk ke Indonesia. Semenjak krisis global mempengaruhi keadaan iklim ekonomi Indonesia sempat memburuk, tapi, semoga dengan adanya bank syariah, iklim investasi dan iklim ekonomi Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kita semua harus percaya bahwa sistem ekonomi yang lebih baik mampu menjadi dongkrak untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, selain meningkatkan juga pemerataan yang merata. Sehingga kesenjangan sosial mampu dikurangi. Semangat syariah selalu, dan semangat dalam sosialisasi syariah ke seluruh pelosok negeri. Gemakan semangat tersebut ke seluruh sudut negeri Indonesia, sehingga bank syariah mendunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.
 
back to top